selain cerita si bintang

16 Agustus 2012

kisah inisiasi


Senin lalu, di saat siswa-siswi TK sampai SMA negeri memulai libur lebaran, aku dan teman-teman mahasiswa universitas swasta *beberapa sih, gak semua* memulai hari pertama kuliah. dan ya, kini aku semester TIGA! itu artinya sudah satu tahun aku menjadi MAHAsiswa, dan kini sudah punya adek angkatan. berasa tua deh :p

beberapa hari sebelum masuk, aku beberapa kali ke Desa Paingan tercinta untuk berdinamika bersama panitia EKM Psikologi, riset payung, atau mengurus ini itu untuk pamerannya Romo Danang. maka aku pun juga melihat persiapan dan pelaksanaan inisiasi universitas (INSADHA atau Inisiasi Sanata Dharma) maupun inisiasi fakultas (AKSI atau Akrab Psikologi). lalu seketika aku merasa: "ya ampun, aku mengalami itu semua sudah setahun yang lalu aja!"

nah, sekarang aku pengen nostalgia dikit nih, tentang inisiasi-inisiasi yang kualami setahun lalu :D
dimulai dari INSADHA, waktu itu pas monthversary ke enam bulan sama Akang *ehem* aku daftar ulang mahasiswa baru, dan dikasih tau kalau aku dapet giliran INSADHA gelombang 1 kelompok 5. menjelang hari pertama alias pra-INSADHA, rasanya deg-degan banget, nggak tau kira-kira bakal siapa aja kelompoknya, kayak apa acaranya, saking nggak ada bayangannya malah jadi bayangin macem-macem *pie kui jal*
begitu tiba hari pertama, ternyata aku menemukan beberapa orang yang kukenal dari 50 anggota kelompok 5 itu, misalnya Ervan, Nane, dan Stanis. syukurlah, dalam tiga hari, aku mulai mengenal dan menghapal nama semua anggota kelompok 5, meski sekarang mungkin kalau ketemu udah lupa lagi...
berbagai kegiatan kami lakukan selama tiga hari INSADHA itu. sampai pada hari terakhir, diumumin kalau diminta bikin performance untuk expo, eksplorasi dan inaugurasi Sabtu depannya. dalam performance itu, diharapkan sebisa mungkin semua anggota kelompok ikut, bukan cuma kelompok dari gelombang 1, tapi juga dari gelombang 2, itu berarti ada kurang lebih 100 orang yang perform. :O
maka hari Kamis, sehari setelah INSADHA, aku dan teman-teman, juga Kak Yongky dan Kak Diana (para dampok alias pendamping kelompok) kumpul di belakang BAA Mrican untuk membahas kira-kira apa yang mau ditampilkan. sejak itu hampir tiap hari kami kumpul di belakang BAA Mrican. ketika ketemu teman-teman kelompok 5 gelombang 2, ternyata ada satu orang yang aku kenal dan cukup mengagetkan: Mael! wah, makin mantap dan yakin rasanya untuk performance :D
pas latian :p
konsep performance kami adalah drama tanpa suara diiringi acapella gitu. saat hari H expo, eksplorasi dan inaugurasi, ada 5 (atau 6?) dari 22 kelompok yang dinilai sebagai kelompok dgn perform terbaik untuk tampil di panggung utama. berkat kerja keras, doa dan bantuan dari Mami dan Kethek (thanks! :D) kelompok kami, puji Tuhan, adalah salah satu dari kelima (atau enam) kelompok itu :D
tampil di panggung utama :D
Jingle INSADHA 2011
Rayakan hari ini, sambut hal baru untuk penghargaan kita
Melangkah bersama satukan keberagaman jiwa
Gapailah citamu di sini
Bagikan senyum dan sapamu, berikan yang terindah untuk dunia
Bulatkan tekad bentangkan semangat juang baru
Awali cerita di INSADHA
Tahukah kawan kita tercipta bagi dunia
Jika kau sadari hidup takkan bermakna tanpa sesama
Bangkitkan jiwa mudamu, bangkitkan semangatmu
Raihlah semua angan dan mimpimu
Sadarilah hidup ini indah kawan
Kita pasti bisa bersama di Sanata Dharma

beda cerita dengan AKSI. inisiasi fakultas ini diadakan seminggu pertama kuliah, dimulai jam 13:00. jadi dari pagi *kalau yang ada kuliah* kuliah dulu, mulai jam 1 AKSI deh di hall selatan. di AKSI, aku dapet kelompok namanya represi, dengan tutor Kak Sondra :D
AKSI juga seru banget, acaranya berlangsung seminggu, dan tiga hari terakhir kita kemping di Wonogondang. bagian paling seru menurutku adalah ketika hari terakhir kemping, kita basah-basahan karena ada semacam outbond gitu, dan hampir semua panitia diceburin di kolam yang entah airnya terkontaminasi apaan. kocak banget HAHAHA :)))

Jingle AKSI 2011: Kenali Sesamamu, Miliki Psikologimu
Mentari bersinar mengawali hariku di sini
Ku lihat dirimu dari sini, ku beri senyuman dari hati
Langit pagi hari membawaku kepada dirimu
Ingin ku menyapa dan mengenal dirimu lebih dalam
Berikan senyuman yang terindah dengan penuh cinta
Satu rasa saling memiliki
Tumbuh dan kembangkan rasa ini dari dalam hati
Kenali sesamamu miliki psikologimu
Dan ku beri senyuman yang terindah dengan penuh cinta
Kita satu keluarga psikologi
Telah ku kenali lebih dalam dari sebelumnya
Kau dan aku kita psikologi
Bersamamu pasti lebih indah
Bersamamu bangun hari baru

ah gak kerasa semua itu udah kualami setahun lalu. kalau inget semua itu, rasanya minggu-minggu pertama aku menjadi mahasiswa sudah diisi dengan berbagai pengalaman menarik, dan aku yakin semakin lama akan semakin banyak pengalaman dan pelajaran yang didapat.
tapi setelah mengalami inisiasi tahun lalu, ditambah cerita dari beberapa teman yang inisiasi tahun ini dan inisiasi di tempat lain, aku sungguh merasa bersyukur karena dalam inisiasiku gak ada pem-bully-an seperti yang kadang terjadi di tempat lain.

inisiasi menurutku, pada hakikatnya adalah masa pengenalan, atau kalau ibarat pacaran, inisiasi itu semacam pedekate, dan bukannya ajang balas dendam karena disakiti senior, atau kalau ibarat pacaran ya karena ditinggal mantan. maka, mana ada coba pedekate tapi pukul-pukulan *kecuali pukul manja ya HAHAHA* atau dimaki-maki? yang ada mah kalo pedekate tuh senyum terus, berbunga-bunga gitu kan, dunia berasa milik berdua deh, yang lain numpang *mulai out of topic alias OOT* :))
well anyway, aku bersyukur, walau mungkin ketika menjalani ada perasaan bosan dan merasa gak seru, tapi aku bersyukur juga, karena aku mendapat penyambutan yang cukup cerdas dan humanis, sesuai dengan slogan universitas itu :)


semangat ya buat yang pada mau inisiasi! apapun yang kamu alami, syukurilah, anggaplah itu semua sebagai bekalmu dalam menjalani *kurang lebih* 4 tahun masa perkuliahan :)



16 Agustus 2012,
malam tirakatan,

Neng Vania

*ps: it's my 20th monthversary with Akang! :3 --> OOT yo ben :)))

4 komentar:

  1. kalo sudah pedekate trus ngapain non ?hehehehehe...

    BalasHapus
  2. Frater Mahatma ndes: baru membuka dan membaca komen darimu :D kalo sudah pedekate ya harapannya jadi lebih kenal jadi lebih nyaman, trus siapa tau jadi makin cinta :3 *uopohhh :))

    BalasHapus