selain cerita si bintang

30 April 2010

kasih ibu kepada beta ...

.. kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa.. hanya memberi, tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia ..

masih inget lagu itu? lagu itu mungkin begitu familiar ketika kita duduk di bangku TK atau SD. tapi kini .. ?
aku tiba-tiba teringat lagu ini beberapa waktu lalu. dan aku lagi-lagi tersadar, kasih seorang ibu memang luar biasa.

belakangan ini, santer terdengar berita seorang ibu yang mendonorkan hatinya untuk anaknya. sudah mengandung 9 bulan, mempertaruhkan nyawa saat melahirkan, dan kini harus mendonorkan hatinya pula. sungguh perwujudan cinta yang luar biasa.

dalam suatu legenda kuno pun, diceritakan bahwa pada masa kelaparan, ibu pelikan rela melukai dirinya sendiri, merobek dadanya dengan paruhnya untuk memberi makan anak-anaknya dengan darahnya agar mereka tidak mati kelaparan, sedang ia sendiri mati kehabisan darah. (cerita lengkapnya bisa dibaca di sini)

sungguh luar biasa cinta, kasih sayang dan pengorbanan seorang ibu. seperti apapun sifatnya, segalak apapun dia, senyebelin apapun, se-enggak-perhatian apapun, seburuk apapun, dia tetap ibu kita. yang mengandung kita, yang melahirkan kita, yang merawat dan membesarkan kita, yang mencintai kita dengan caranya sendiri.

mungkin kita merasa ibu kita itu menyebalkan, sok ngatur, sok nganggep kita anak kecil, dan sebagainya. tapi itulah ciri khas seorang ibu. dan sepertinya itu berlaku bagi hampir seluruh ibu di seluruh dunia, bahkan bagi ibu yang anaknya seorang artis yang segala kebutuhannya sudah tercukupi. seperti yang ditulis oleh artis Dave Hendrik tentang Duta -vokalis Sheila On 7- di twitternya pada tanggal 24 April 2010 lalu : "Di backstage idolacilik,melihat om @Duta507 makan disuapin mamanya.Even after we have kids,we are still a boy for our mother.Cute."

ya, sampai kapan pun kita tetap menjadi boy or girl for our mother :)

dan itu pula yang aku alami dan aku rasakan. aku bersyukur sekali punya mama yang luar biasa. begitu sabar, begitu penuh cinta, begitu rela berkorban, begitu luar biasa deh pokoknya! dengan sifat keibuan, lengkap dengan khawatirannya, tapi sekaligus bisa jadi teman curhat, teman cerita, bahkan teman nggosip yang asoy! :D

dan beberapa bulan belakangan ini, aku baru benar-benar merasakan betapa khawatirannya mama sama aku, karena cintanya yang begitu luar biasa.

ketika Paskah kemarin, aku sempat menginap semalam di gereja. ketika aku mengutarakan rencanaku, mama nggak langsung bilang 'setuju', tapi juga nggak langsung bilang 'nggak setuju'. mama berusaha mencari kepastian aku bakal tidur di mana, dan sebagainya. sempat mama berkata : 'mbok nggak usah nginep, pulang aja'
tapi ketika akhirnya aku berkeras, mama pun mengijinkan, entah terpaksa atau tidak. 'toh aku kan akan baik-baik aja, di gereja ini', pikirku.

dan ketika beberapa hari lalu, aku memberi surprise tengah malam pada temanku yang berulangtahun, mama juga mulai muncul khawatirannya.
belum sampai lewat lima menit dari tengah malam, mama sms : mau pulang jam berapa? gek pulang.
batinku, haduh mama nih.. belum ada lima menit lewat jam 12 -____-
aku pun membalas : bentar, masih belum selesai, ditinggal tidur aja, nanti aku yang kunci pintu.
mama : mama nggak tenang kalau kamu belum pulang.
DEG ! seketika itu juga aku langsung ingin menangis dan cepat-cepat pulang. aku langsung merasa jadi anak paling berdosa, paling durhaka. merasa jadi anak yang kerjaannya bikin repot mama papa terus :(

i'm almost seventeen dan mama masih segitu khawatir dan segitu perhatiannya sama aku.. i'm speechless. saat itu yang aku inginkan cuma pulang, sampai rumah, dan memeluk mama seeratnya.

besok mama ulangtahun, dan aku nggak tau harus memberi apa. i love you mom. mungkin mama bukan siapa-siapa, tapi bagiku mama adalah segalanya. terimakasih sudah membuat aku banga dan bahagia menjadi anaknya mama. dan aku juga akan bikin mama bangga dan bahagia punya anak kayak aku. thanks for always being a supermom :)

dan so sorry mom, buat semuanya.. karena udah nyusahin mama, karena udah bikin mama khawatir, karena sering bantah, ngeyel, dan sejenisnya.. tapi bener deh, deep in my heart, I LOVE YOU :*

best wishes for you mom.. dan Tuhan pasti selalu kasih yang terbaik buat mama..

keinginan kita banyak ma, ayo kita wujudin bareng!
tetap jadi mama yang seperti ini ya :)




menjelang ulangtahun mama ke 48,
menjelang 1 Mei 2010,
with all my heart,


Stella Vania Puspitasari


2 komentar:

  1. Wow.. nyentuh banget... :D
    pengen nangis... :')

    BalasHapus
  2. dear Anonim,
    thanks udah baca dan memberi komentar :)
    siapa di sana ?

    BalasHapus