selain cerita si bintang

07 Juli 2010

selamat jalan AT Mahmud, Sang Bintang Kejora..

Indonesia kembali berduka. seorang musisi besar yang sangat concern dengan anak-anak. AT Mahmud namanya. ya, beliau seorang pencipta ratusan lagu anak-anak yang pernah mengisi hari-hari kita semua. lagu ciptaannya benar-benar klop dengan dunia anak-anak.

mendengar nama AT Mahmud, pikiranku melayang pada masa kecilku. betapa senangnya aku, ketika aku bisa menyanyikan lagu-lagu yang sesuai dengan umurku, dengan perasaanku, dengan pemahamanku. tak seperti kini, anak kecil justru lebih hapal lagu tentang cinta pada lawan jenis, dibanding cinta pada orangtua, teman, guru dan binatang, tumbuhan serta alam.

pengenalan akan lagu-lagu ciptaan beliau kudapatkan di sekolah. dulu, aku begitu hapal lagu O Amelia, meski lagu itu tak sepopuler Pelangi atau Ambilkan Bulan.

ketika aku SD, aku juga pernah ikut sebuah bina vokal di Gereja, yang diasuh oleh Pak Theo Sunu Widodo, atau akrab disapa Pak Sunu. suatu kali, aku dan teman-teman bina vokal itu berkesempatan tampil di RRI membawakan beberapa lagu karya Pak AT Mahmud, dan ditonton oleh Pak AT Mahmud. bahkan kami berkesempatan berfoto bersama beliau. dan seketika itu pula, beliau langsung menempati urutan teratas dari daftar idolaku. selain karena karya-karyanya yang amat kusukai, keramahan dan kehangatannya juga membuatku merasa bertemu dengan kakekku sendiri ketika bertemu dengan beliau. bertemu dengan beliau, membuatku merasakan kasih sayang dan perhatiannya yang tak henti untuk anak-anak, khususnya anak-anak Indonesia.

selamat jalan Pak AT Mahmud. terimakasih untuk semua karya yang pernah mengisi hari-hariku dan anak-anak Indonesia lainnya. terimakasih telah menjadikan kami benar-benar menikmati dan merasakan masa kanak-kanak kami. terimakasih untuk Pelangi, Ambilkan Bulan, dan Bintang Kejora. terimakasih telah membuat kami bangga karena bisa menyanyikan Aku Anak Indonesia dengan lantang. terimakasih sudah memberiku motivasi untuk bisa jadi gadis cilik nan lincah dan riang seperti Amelia. terimakasih tak terhingga, teriring salam hormat untukmu, Pak...

pertanyaannya sekarang, setelah Pak AT Mahmud meninggal,
siapa yang akan menciptakan lagu yang benar-benar sesuai untuk anak-anak Indonesia ?

2 komentar:

  1. Selamat jalan kakek AT. Mahmud..
    Kangeeeeeen banget denger anak2 menyanyikan lagu anak yang semakin langka...
    visit akhmad06.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  2. @Putri : ya, makin lama makin jarang kita dengar anak2 menyanyikan lagu anak2.. prihatin :")
    btw, thanks for visiting my blog :)

    BalasHapus