selain cerita si bintang

09 Agustus 2011

pernah nggak?

pernah nggak sih ngerasa sebel sama diri sendiri?
rasanya marah, tapi nggak tau sama siapa. salah kita sendiri sih, tapi bawa-bawa orang lain atau hal lain untuk jadi pelampiasan.
atau pernah nggak ngerasa jadi orang yang nggak berguna banget? bisanya cuma nyusahin mulu.

ya, entah siapa pun kita, entah kenapa aku yakin, pasti ada saatnya kita mengalami hal itu, entah karena apa. mungkin karena mengalami suatu kegagalan, bermasalah dengan orang lain, merasa salah mengambil keputusan, dan lain-lain.
well, hal itu wajar sih. tapi ya jangan terus-terusan berkubang di situ. kata orang, roda kehidupan itu terus berputar, dan aku percaya itu.

aku tahu, untuk mencapai suatu tujuan memang diperlukan niat yang mantap dan usaha yang sungguh. dan bukan nggak mungkin, faktor kegagalan kita adalah dari dalam diri kita sendiri. kalau boleh aku menarik kesimpulan, faktor paling besar adalah niat dan kemauan kita. kalau memang kita niat *dan Tuhan merestui* pasti akan ada jalan kok. tapi sebaliknya, kalau kita nggak mantap dan plin-plan, jadi ya kita malas juga untuk berusaha dan hasil akhirnya pun nggak akan maksimal.

mungkin, ngomong memang lebih mudah daripada merealisasikannya.
enak kali ya kalo waktu bisa diputar, trus kita bisa memperbaiki kesalahan kita di masa lalu. menambal kemalasan, meneguhkan niat, dan memantapkan langkah.
tapi nggak gitu kenyataannya di sekolah kehidupan. nggak ada yang namanya ujian ulang. yang ada hanya remidial. oleh Tuhan, seringkali kita diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan kita dan jadi lebih baik. tapi kadang, nggak semua kesempatan dapat kita manfaatkan dengan baik, dan akhirnya kita jatuh lagi ke lubang yang sama.

ya semoga saja, kita bisa jadi makin baik dari waktu ke waktu.


Yogya(swara), 9 Agustus 2011
di tengah perasaan yang gado-gado

vania

Tidak ada komentar:

Posting Komentar