selain cerita si bintang

04 Januari 2010

hari terakhir liburan

hari ini, terasa atau tidak, adalah hari terakhir liburan bagi aku dan temen2 stece. sedikit bersyukur, mengingat banyak temen dari sekolah swasta lain yang masuk hari ini.

tapi hari ini, meski belum masuk sekolah, aku belajar banyak hal. seperti biasa, pelajaran tentang kehidupan, pelajaran yang belum tentu bisa didapatkan di sekolah.

hari ini aku belajar tentang tanggung jawab.
hari ini, aku menyelesaikan 'tugasku' -hmm sebenernya bukan tugasku sih, tapi akhirnya aku yang tanggung jawab. okelah ga usah dibahas- menghitung dan menyetor uang hasil jual teks malam Natal.

hari ini aku belajar tentang kebaikan.
siang tadi aku disuruh ikut makan bersama ibu-bapak penghitung kolekte. makan nasi merah dan babi kecap! betapa baiknya mereka.. :D
selain itu, tadi dikasih Frater Windar, SJ rambutan dari Kolsani. thanks, Ter..

hari ini aku belajar tentang pilihan dan konsekuensinya.
Mbak Tita dan Mbak Lusi, temennya, tadi cerita2. ada temennya yang udah berumur tapi belum dapet cowok. nah, ada cowok yang deketin dia, tapi ditolak mentah2, malah dikata2in segala. kata Mbak Lusi : 'kalo udah seumur kita ini yang dicari jangan tampang, tapi sayang. kalau mbaknya ini -sambil nunjuk aku- kan masih muda, jadi pilih2 boleh lah.'
lalu hari ini juga aku memilih untuk menunggu, walau cukup lama. tapi toh itu pilihanku bukan?

hari ini aku belajar tentang waspada.
ada orang yang menurutku cukup aneh, dan ternyata memang terbukti dia terlilit hutang, dan kabur. orang itu pesan rosario kristal, yang sangat mahal, pada Mbak Tita. untungnya Mbak Tita bilang kalau dia harus terima DP dulu, baru dibuatkan. waspadalah! waspadalah!

hari ini aku belajar tentang kesabaran.
aku menunggu dalam waktu yang cukup lama, dan aku sempat menangis. oke, aku bukan menangis karena menunggu, tapi aku sedikit tak percaya aku bisa sesabar itu. tapi tetep aja, aku ga bisa kaya begini kalau bukan Tuhan yang mau. dan memang, waktuNya bukan waktu kita. Dia selalu punya cara dan waktu sendiri untuk menunjukkan kasih dan kuasa-Nya. thanks God. :)

hari ini aku belajar lebih mengerti dan mengenal.
hari ini aku semakin mengerti bahwa Tuhan dan setiap orang punya cara dan waktu yang berbeda. karena itu, aku hari ini semakin banyak belajar mengenali cara dan waktu Tuhan, juga cara dan waktu orang lain. tak mudah memang, karena mungkin cara itu berbeda jauh, bahkan bertolak belakang dengan caraku.

tapi semua yang terjadi hari ini membuatku makin sadar, Tuhan selalu punya cara. dan aku bersyukur sekali aku boleh mengalami ini semua, boleh menjadi bagian dari rencanaNya dan belajar banyak hal. ajar aku selalu percaya dan melangkah di jalanMu, Tuhan.

4 komentar: