selain cerita si bintang

14 Februari 2010

Imlek

tiap manusia tak bisa memilih terlahir dalam keluarga seperti apa, terlahir sebagai suku apa, sebagai ras apa, terlahir dengan keadaan fisik seperti apa, dan sebagainya. tak ada yang bisa memilih seperti itu.
maka kadang aku tak heran bila ada yang merasa tidak bangga dgn keluarganya, dgn sukunya, dgn rasnya, dgn apa yang dia miliki.
tapi bagiku, justru karena tidak ada pilihan, maka kita harus bisa menerima dan memaknai serta mensyukuri apa yang kita miliki.

hari ini, adalah Imlek, hari raya tahun baru Cina. saya pun terlahir sebagai etnis Cina. suka atau tidak, inilah saya :)
keluargaku memang ga terlalu kental dgn tradisi perayaan imlek. entah apa sebabnya :)

kami ga sembayangan ke klenteng, kami ga pasang lampion, kami ga bakar mercon, ga kumpul2 keluarga besar, dan sebagainya..
tapi, pai pai, atau mengucapkan selamat hari raya dgn tangan spt orang doa tapi tangan satu di atas tangan yang lain, tetap dilakukan, walau hanya kulakukan dgn engkongku *kakek*
sama mama papa pun aku ga pai pai :P
dan, sepertinya tahun ini tak ada angpao.. hohoho.. sudahlah.. toh angpao tak harus datang saat hari imlek saja kan ? :D

kue kranjang tetap tersedia.. oya, bicara soal kue kranjang, biasanya kue kranjang di rumah dilumuri telur, dan digoreng.. dan itu enak banget ! hahahaha.. mau nyoba ? :D

walau begitu, aku seneng juga liat tradisi2 begitu, liat barongsai, dan dapet angpao *teteeepp :D

biasanya, di hari-hari imlek gini ada festival kebudayaan Tionghoa di daerah Ketandan. biasanya ada lomba nyanyi lagu Cina, trus ada stand makanan, souvenir, dll. dan yang jelas ada barongsai. tapi entah tahun ini ada atau nggak..

dan biasanya juga ada Perayaan Ekaristi Imlek di beberapa gereja. biasanya mama melayani di Gereja Bintaran tiap ekaristi imlek. tahun ini pun begitu. tapi tahun ini aku ga ikut ekaristi itu..

well, bagiku imlek tak begitu signifikan perbedaannya dgn pergantian tahun tahun masehi..
tapi aku percaya Tuhan selalu memberikan berkat dan kasihNya tiap saat, termasuk di tahun Cina yang baru ini :)

Gong Xi Fat Choi kuucapkan buat siapapun, baik yang merayakan atau tidak. semoga saja semua jadi jauh lebih baik dari hari ke hari..

Tuhan itu baik kepada semua orang :)


*maaf kalau ada kata2 yg salah :D
oya, tulisan ini dibuat tanpa bermaksud rasis, atau apapun.. ini hanya sebuah
pemikiran biasa dari seorang gadis biasa yang selalu belajar menjadi lebih dari biasa :)

4 komentar:

  1. Gong Xi Fat Chai.. Perbedaan itu indah.. hehe

    BalasHapus
  2. @Anonim : yeah ! perbedaan itu INDAH ! :D
    thx yaa.. btw, siapa di sana ? :)

    BalasHapus
  3. wooow

    nice post, Van.
    aku baru tau namanya "Pai Pai" :D

    betewe, aku pengen banget liat barongsaiiii
    :D

    BalasHapus
  4. @Ocha : hahaha.. iya Chaa.. aku juga pengen liat barongsai dan liong :D


    @Anonim : ternyata anda adalah Ajohn Bassink :D
    makasih bro ! PERBEDAAN ITU BENAR-BENAR INDAH !

    BalasHapus