selain cerita si bintang

15 Februari 2010

Valentine

agak telat nih ya aku nulis tentang valentine ? gapapa deh, yang penting nulis :D

well, beberapa waktu lalu, aku dimintai tolong oleh seorang teman, namanya Mas Andre, utk mengisi tulisan di buletin di parokinya, Paroki Klepu. dan inilah tulisan saya itu :)

perayaan hari valentine (relevansi dgn katolik) ?
setahuku, Valentine's Day (selanjutnya V-day) itu sebenarnya adalah peringatan St. Valentinus. jadi, sedikit banyak nyambung sama Katolik. kalau nggak ada peringatan St. Valentinus, mungkin nggak akan ada yang namanya V-day.

pendapat ttg misa perayaan ?
menurutku sah2 aja ada misa khusus utk memperingati V-day. toh sekarang misa udah bisa 'diutak-atik' selama masih dalam batas yang wajar.

makna valentine ?
hmm, bagiku everyday is V-day. tapi mungkin secara khusus tanggal 14 Februari adalah saat berbagi. berbagi dengan siapapun. nggak cuma dengan pacar, sahabat, atau keluarga, tapi juga terutama berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

pesan, what should they do ?
V-day jgn cuma dihabisin utk pesta pora, tapi juga utk berbagi. berbagi dgn siapapun.dan mungkin juga waktu utk bersyukur atas anugerah cinta, dan (lagi-lagi) membagi cinta itu kepada siapapun

itu tadi tulisanku yg kukirim ke buletin itu. tapi mungkin ada sedikit revisi di sana sini utk memperbaikinya :)

well, v-day kemarin bagiku sama saja seperti hari-hari lain. aku bahkan tak menyiapkan coklat seperti tahun-tahun sebelumnya. rasanya tahun ini aku kurang merasakan greget hari kasih sayang itu, entah kenapa..

justru aku paling merasakan greget hari kasih sayang itu ketika aku SMP. ketika itu aku menjadi anggota OSIS, walau cuma satu periode :D
tiap hari valentine, SMPku mengadakan aksi bagi-bagi sembako dan pengobatan gratis. dan sejak itu aku baru merasakan bahwa hari kasih sayang tak harus dirayakan bersama pacar saja, tapi juga dgn sahabat, teman, keluarga, dan orang yang membutuhkan..

v-day kemaren aku tak membagi coklat untuk siapapun. tapi aku dibagi coklat sama Eli, dan dapet coklat dari Papa PJ :)

sah-sah saja menurutku ketika ada orang yang begitu fanatik merayakan v-day. dan sah pula jika ada orang yang tidak fanatik, atau malah tidak suka merayakan v-day.

bagiku, coklat, bunga, boneka, dan semua bentuk perwujudan kasih sayang lainnya ga harus diberikan pada v-day saja. bagiku, v-day hanyalah satu momen di mana kita *biasanya* menunjukkan kasih sayang kita kepada siapapun dgn lebih bebas, dan momen untuk menyebarkan cinta pada siapapun. tapi toh menunjukkan kasih dan menyebarkan cinta tak harus pada v-day saja kan ?

jadi, ayo menunjukkan kasih dan menyebarkan cinta kapanpun, di mana pun, dan pada siapa pun ! :)

oya, walau terlambat, Happy Valentine's Day ! api cinta-Nya takkan pernah padam untuk kita, dan kita harus selalu menjaga nyala api itu tetap menyala :)

2 komentar: