selain cerita si bintang

04 November 2010

sembodo

beberapa kali aku mendapati ada orang berkata di twitter, "nggak enak ya jadi orang yang nggak enakan"
dan aku pun mengAMINinya :D

as i said, membantu itu sangat baik, tapi ya harus perhatikan juga kemampuan kita. harus perhatikan juga kebutuhan kita. jangan-jangan niatnya bantu tapi malah jadi ngrepoti. lah malah percuma kan ya?

aku udah pernah ngomong tentang ini di postinganku sebelumnya, dan sekarang aku nulis lagi karena memang keadaannya serupa..

satu yang pasti,
ketika kita sudah berkata "YA", maka kita harus menjalaninya dengan segala konsekuensinya secara konsisten. kalau orang Jawa bilang, kita harus sembodo.

well, kita yang memulai, kita juga yang harus menyelesaikan..

nah soal ini aku jadi ingat cerita dari seorang guruku. pengalaman pribadi nih..
jadi ceritanya, beberapa tahun lalu beliau merasa tidak percaya pada Tuhan karena masalah di keluarganya tak kunjung usai, malah makin menjadi. beberapa bulan lamanya beliau nggak ke gereja. lalu suatu saat, entah menjelang Paskah atau Natal, beliau diminta temannya untuk menemani mengaku dosa. awalnya beliau menolak, tapi akhirnya beliau bersedia hanya untuk sekedar menemani. walau begitu, beliau tetap ikut antri, dan akhirnya memutuskan untuk masuk juga ke bilik pengakuan. di dalam bilik pengakuan, beliau yang sebelumnya tidak percaya lagi pada Tuhan dan mengutuk dan menjauh dari Tuhan akhirnya hanya bisa berkata, "Romo, saya tidak siap mengaku dosa." sebuah kalimat singkat yang terlontar pelan ini akhirnya menjadi awal yang baik. beliau akhirnya menceritakan apa yang terjadi dalam hidupnya pada Sang Romo, lalu Sang Romo pun berkata, "Masalah yang kamu hadapi sekarang ini datangnya dari siapa? Tuhan kan? maka Dia pula yang akan menyelesaikannya. nah kalau kamu menjauh dariNya, lalu siapa yang akan membantumu menyelesaikan segala persoalan yang kamu hadapi?"

kata-kata dari Sang Romo itu akhirnya membuka hati guruku, dan akhirnya beliau sadar bahwa tak ada yang lebih luar biasa dari Tuhan.
dan kita pun juga hendaknya meneladan kekonsekuenan Tuhan, meneladan kesembodoan Tuhan..
kayak di film Three Idiots : you have started, you must complete it.

semangaaaaaaaaaaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar