selain cerita si bintang

08 Maret 2010

arti hadirmu

kita nggak tahu betapa berharganya sesuatu sampai kita kehilangannya.

aku setuju sama ungkapan di atas. kayak lagunya Ipang tuh :
Ada yang hilang dari perasaanku
Yang terlanjur sudah
Kuberikan padamu
Ternyata aku tak berarti tanpamu
Berharap kau tetap di sini
Berharap dan berharap lagi
(Ada Yang Hilang - Ipang)
walau menurutku nggak gitu juga sih. kita juga bisa tahu betapa berharganya sesuatu ketika kita mendapatkannya kembali, atau ketika kita tahu hal itu akan segera kembali pada kita :)

pagi ini, ketika aku sampai di kelas, suatu kejutan karena Cicak yang biasanya dateng lebih siang daripada aku, udah dateng duluan. tapi ketika bel masuk berdering, aku baru sadar kenapa kelas hari itu terasa lengang. ternyata ada enam orang yang absen. pantas saja..
bener-bener terasa bahwa semua ternyata ada bagiannya sendiri-sendiri. kalau ada satu yang hilang *ga masuk* ya jadi kurang pas rasanya.

pelajaran tentang 'arti hadir' hari ini berlanjut. sore tadi, Ocha mengirim sms, intinya sebuah pertanyaan yang kurang lebih begini isinya: "kalau suatu saat aku ga ada, apa yang paling kalian ingat dari aku?"
aku juga pernah menanyakan hal serupa pada beberapa orang, dan aku juga sering berpikir: kalau suatu saat aku pergi, apa yang akan terjadi pada dunia?
yaa, mungkin nggak akan berpengaruh banyak sih.. karena seperti kata Mas Danto: kita bukan pusat dunia. ketika kita tak ada pun dunia akan terus berputar.

tapi tetap saja kehadiran orang lain bagi kita, dan juga kehadiran kita buat orang lain pasti memiliki arti tersendiri, entah positif atau negatif :)

oya, sore tadi pas aku mau ikut misa, aku ketemu Fajar. dia salah seorang anak papita dulu. anaknya sangat amat menyebalkan ! ndableg, mbeling, nakal, ngeyel, pokoknya semua yang jelek ada deh di dia ! anehnya, aku sayang banget sama anak satu itu. aku dan dia cukup deket, dan entah kenapa ada rasa pengen melindungi dia, walau anaknya nyebelin banget !
meski gitu, aku tau sih dia anaknya pada dasarnya baek. dan dia juga lebih sering manut sama aku :D
dan mungkin juga karena aku tau (dan kenal) orangtua dan omnya kali ya, jadi aku cukup deket aja sama ni anak. dan aku memang merasa dia butuh dilindungi sih. karena memang walau ndableg, dia cukup gampang sakit.
udah cukup lama aku nggak ketemu sama anak satu itu. tapi tadi sore malah misa bareng :)
serasa kembali ke beberapa tahun lalu deh.. saat itu aku masih SMP, dan Fajar, Wina, Valent, Damar dkk baru gabung papita. kita biasanya latihan hari Rabu sore, lalu misa bareng rame-rame.. duh, kangen masa-masa itu ! kangen anak-anak itu ! sekarang rasanya aku agak jauh dari papita :(

well, yang jelas hari ini aku belajar banyak tentang mencoba mengerti arti hadirmu *'mu' di sini berlaku buat siapa saja lhoh ya.. :D

thanks God, aku juga mencoba mengerti arti hadirMu, dan juga arti hadirku buat orang lain :)

4 komentar:

  1. "kita nggak tahu betapa berharganya sesuatu sampai kita kehilangannya"

    yes, Van.
    jadi sebisa mungkin hargai dan jaga apa yang kita punya :)

    BalasHapus
  2. bener banget Cha, karena kita nggak akan pernah tahu sampai kapan kita bisa memiliki sesuatu itu :)
    jadi selagi kita masih bisa menjaganya, jagalah sebaik mungkin :)

    BalasHapus
  3. jangan pernah takut kehilangan sesuatu, tapi yang lebih penting jangan pernah menyerah ketika menjaga sesuatu yang berharga...sekalipun hal yang berharga itu hanya tersisa di hati...

    BalasHapus